Pilkada Garut 2024 Diluncurkan, Jingle dan Maskot Baru Siap Meriahkan Pemilu

- 3 Juni 2024, 07:30 WIB
Jingle dan Maskot Baru Siap Meriahkan Pemilu
Jingle dan Maskot Baru Siap Meriahkan Pemilu /

GARUT60DETIK, Garut - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut secara resmi meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut Tahun 2024. Acara peluncuran ini digelar di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut pada Minggu, 2 Juni 2024.

Pengenalan Jingle dan Maskot

Peluncuran Pilkada 2024 ini ditandai dengan pengenalan jingle berjudul "Pilkada Garut Bermartabat" dan maskot yang diberi nama Garlih Palda. Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, menyampaikan bahwa maskot dan jingle ini dipilih melalui sayembara yang diadakan selama satu bulan. "Kami ingin mensosialisasikan maskot dan jingle terpilih ini sebagai bagian dari rangkaian tahapan pilkada di Kabupaten Garut," ujar Dian.

Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

Dengan peluncuran ini, KPU Kabupaten Garut berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 meningkat dan proses pelaksanaan pilkada berjalan lancar serta menghasilkan pemimpin yang lebih baik untuk Kabupaten Garut. Dian mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada yang akan dihelat pada 27 November mendatang.

Tingkat Partisipasi Pemilih

Dian mencatat bahwa pada pemilu pilpres dan legislatif sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih mencapai 82 persen, naik dibanding pemilu 2019 yang mencapai 79 persen. "Dengan kolaborasi semua pihak, kami yakin angka partisipasi tetap bisa kita jaga, trennya terus naik, dan proses pelaksanaannya bisa berjalan lancar serta menghasilkan pemimpin Kabupaten Garut yang lebih baik," tegasnya.

Tahapan Pilkada dan Sosialisasi

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat, Adie Saputro, mengungkapkan bahwa tahapan Pilkada telah dimulai sejak Januari 2024, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024. Meskipun perhatian saat itu lebih terfokus pada Pemilu 2024, peluncuran kali ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, termasuk masyarakat di Kabupaten Garut, mengenai pilkada serentak.

Persiapan dan Harapan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, yang hadir mewakili Pj. Bupati Garut, menekankan pentingnya persiapan pilkada yang tidak hanya berkaitan dengan aspek penyelenggara pemilu, namun juga menghargai perbedaan di masyarakat. Ia berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Pilkada.

"Ini yang paling penting, karena di situlah titik masuk kita persoalan-persoalan menyeruak pada persoalan-persoalan lain yang kontraproduktif dengan target kita," kata Nurdin. Ia juga meminta para camat untuk memastikan kesiapan prasarana dan sarana agar tidak ada kendala dalam menyalurkan aspirasi masyarakat. Selain itu, Nurdin menitipkan pesan kepada penyelenggara Pilkada untuk memahami regulasi yang ada sehingga Pilkada di Kabupaten Garut bisa berjalan dengan lancar.

Nurdin mengajak masyarakat untuk dapat menentukan pilihan dan menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung pada November mendatang. "Karena ini sangat penting bagi masyarakat Kabupaten Garut, khususnya mereka bisa menentukan siapa pemimpin yang mudah-mudahan representatif untuk kemaslahatan dan kebarokahan masyarakat Garut," ucap Nurdin Yana.

Peluncuran Pilkada Garut 2024 ini menjadi awal dari rangkaian kegiatan menuju pemilihan yang diharapkan dapat berlangsung dengan partisipasi aktif masyarakat dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk Kabupaten Garut.

Editor: Wawan Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah