Kenapa Garut Dikenal dengan Domba Garut? Simak Penjelasannya di Sini

- 26 Mei 2024, 23:38 WIB
Domba Garut
Domba Garut /

GARUT60DETIK, Garut - sebuah kabupaten di Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan dodol dan keindahan alamnya, tetapi juga dengan domba Garut yang unik dan istimewa. Domba Garut memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya dikenal luas di seluruh Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengapa Garut begitu terkenal dengan domba Garut.

Domba Garut, atau yang sering disebut domba Priangan, adalah hasil persilangan antara domba lokal Jawa dengan domba merino dari Australia dan domba Kaapstad dari Afrika Selatan. Persilangan ini pertama kali dilakukan pada awal abad ke-19 oleh Bupati Limbangan, RAA Adiwijaya. Tujuan dari persilangan ini adalah untuk mendapatkan domba dengan kualitas daging yang baik dan tubuh yang kuat.

Baca Juga: Mengapa Batu Akik dari Garut Begitu Dicari? Ini Jenis-Jenis Favoritnya

Setelah berhasil disilangkan, domba Garut berkembang pesat dan menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Garut. Keunggulan fisik dan karakteristik domba Garut membuatnya banyak dibudidayakan oleh peternak lokal. Seiring waktu, domba Garut juga dikenal sebagai domba aduan yang memiliki kekuatan dan keberanian.

Domba Garut memiliki ciri fisik yang khas, seperti tubuh yang kekar, tanduk yang besar dan melingkar, serta bulu yang tebal dan halus. Domba jantan biasanya memiliki tanduk yang lebih besar dan panjang dibandingkan dengan domba betina. Postur tubuh yang kekar dan kuat membuat domba Garut sangat cocok untuk dijadikan domba aduan.
Keunggulan Daging Domba Garut.

Baca Juga: Mengapa Batu Akik Garut Ijo Ohen Menjadi Favorit Pejabat dan Politisi?

Selain untuk aduan, domba Garut juga dikenal karena kualitas dagingnya yang lezat dan bernutrisi tinggi. Daging domba Garut memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang gurih, menjadikannya favorit di kalangan pecinta kuliner. Keunggulan daging ini membuat domba Garut banyak dicari oleh konsumen.

Adu domba adalah salah satu tradisi yang sangat populer di Garut. Tradisi ini tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat setempat, tetapi juga menjadi ajang untuk menunjukkan kekuatan dan keberanian domba Garut. Adu domba biasanya dilakukan dalam acara-acara besar, seperti festival budaya dan perayaan hari jadi Kabupaten Garut.

Baca Juga: Kritik Pedas Elsa Wiganda: Rekrutmen PPS Garut Tidak Profesional dan Nepotisme

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah