Cara Menemukan Ide Usaha Dengan Modal Yang Minim

- 16 Mei 2024, 00:12 WIB
/

GARUT60DETIK - langkah yang menarik dan memungkinkan untuk memasuki dunia bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak modal adalah Memulai usaha kecil dan menengah dengan modal minim.
Dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1995, kategori usaha kecil adalah yang memiliki salah satunya Milik Warga Negara Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi-koperasi. Jadi, Usaha Kecil memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari usaha mikro dan menengah.
Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha, yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah, atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil.

Usaha Menengah mencakup berbagai jenis bisnis dengan skala kecil hingga menengah. Berikut beberapa contoh jenis usaha menengah yang umum ditemui:

1. Kuliner: Restoran, kafe, warung makan, atau katering.
2. Fashion: Toko pakaian, butik, atau produksi pakaian.
3. Agribisnis: Pertanian, perkebunan, peternakan, atau perikanan.
4. Pendidikan dan Pelatihan: Bimbingan belajar, kursus, atau lembaga pelatihan.

Baca Juga: Harapan Yang Di Nantikan Para Guru, Kapan PPG Kategori A dipanggil?

Ingatlah bahwa Usaha Menengah memiliki cakupan yang lebih luas daripada Usaha Mikro dan Usaha Kecil.

Oleh karena itu, di artikel berikut akan dijelaskan beberapa usaha modal kecil yang bisa Anda lakukan lengkap dengan tips pengolahannya.

Silakan disimak terutama untuk anda yang tertarik mengelola. Ini dia penjelasannya :
Buka Usaha Penjualan Makanan :

  1. Tahu Gejrot .
    Modal : Rp. 25.000,00
    Laba : kurang lebih 35.000, dari 12 pcs dijual Rp. 5000,00
    Cara Pengolahanya :
    Bahan yang harus disiapkan : Tahu, bawang merah, bawang putih, gula merah, asam dan cabe.
    Proses : pertama potong tahu masak menjadi 2-3 bagian, kedua kupas bawang putih, bawang merah dan cabe lalu dibersihkan kemudian di ulek kasar sesuai kebutuhan ditambahkan penyedap rasa secukupnya, ketiga membuat air gula asam diberi bumbu (penyedap rasa dan garam)dipanaskan hingga mendidih lalu diangkat, keempat masukan tahu coklat yang sudah dipotong ke dalam wadah yang bersih untuk di ulek dan dicampur dengan bumbu pedasnya, kemudian disiram air gula asam yang sudah jadi, dan sajikan,ungkap dari seorang siswa SMA di kabupaten Garut .
  2. Cireng Sambal Matah.
    Modal : Rp. 50.00,00
    Laba : kurang lebih 30.000,00
    Cara Pengolahanya :
    Bahan : aci, terigu, bawang putih, bumbu kaldu, cabai,saos, bawang merah, daun jeruk, sereh, minyak, asem jawa,kencur dan Cabai Jamplang.
    proses ; potong bawang merah, putih, daun jeruk dan sereh. lalu siram bahan yang sudah dipotong dengan minyak panas. (jangan lupa pakai penyedap rasa).

Demikian ide usaha modal minim dari beberapa siswa sekolah tingkat SMA Kab Garut yang sudah teruji dan pernah dipasarkan dilingkungan sekolahnya, dan menghasilkan keuntungan yang lumayan, dan ide ini bisa dijadikan sebagai usaha bagi masyarakat yang mau memulai usaha kecilnya, dan dapat dikembangkan dan bermamfaat bagi semua masyarakat.

Temukan inspirasi dan wawasan yang Anda butuhkan untuk memulai atau mengembangkan usaha kecil Anda sendiri.

Editor: Asep Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub