Kilau Abadi: Tips dan Trik Merawat Batu Akik Garut Agar Tetap Berkilau Sepanjang Masa

- 15 Mei 2024, 00:18 WIB
Tips dan Trik Merawat Batu Akik Garut Agar Tetap Berkilau Sepanjang Masa
Tips dan Trik Merawat Batu Akik Garut Agar Tetap Berkilau Sepanjang Masa /

GARUT60DETIK – Batu akik Garut terkenal dengan keindahannya yang memikat hati. Agar keindahan dan kilau batu akik ini tetap terjaga sepanjang masa, perawatan yang tepat sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merawat batu akik Garut Anda agar selalu tampak berkilau dan mempesona.

1. Pembersihan Rutin

a. Gunakan Sabun Lembut Membersihkan batu akik secara rutin adalah langkah pertama untuk menjaga kilauannya. Gunakan sabun lembut yang tidak mengandung bahan kimia keras dan campurkan dengan air hangat. Cuci batu akik secara perlahan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Baca Juga: Silon Mati Suri: KPU Diduga Jegal Langkah Calon Independen Bupati Garut

b. Sikat Halus Gunakan sikat gigi dengan bulu halus untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Sikat dengan lembut agar tidak menggores permukaan batu akik.

2. Hindari Bahan Kimia Keras

Batu akik sangat sensitif terhadap bahan kimia keras seperti parfum, hairspray, dan pembersih rumah tangga. Hindari kontak langsung dengan bahan-bahan ini. Jika menggunakan produk kimia, lepaskan perhiasan batu akik terlebih dahulu.

Baca Juga: Gerakan Wanita Sejatera Gelar Seminar Nasional, Kukuhkan Peran Perempuan dalam Pembentukan Generasi Bangsa

3. Penyimpanan yang Tepat

a. Gunakan Kantong Kain Simpan batu akik dalam kantong kain lembut atau kotak perhiasan yang dilapisi kain untuk mencegah goresan. Jangan menyimpan batu akik bersama dengan perhiasan lain yang bisa menyebabkan goresan.

b. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung Paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama bisa memudarkan warna batu akik. Simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

4. Poles Secara Berkala

Agar batu akik tetap berkilau, lakukan pemolesan secara berkala. Gunakan kain lembut yang dibasahi dengan larutan sabun lembut. Poles dengan gerakan memutar untuk mengembalikan kilau alaminya.

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah