Menghadapi Baby Blues: Panduan untuk Ibu Baru Mengatasi Perasaan Sedih Pasca Melahirkan

- 11 Juni 2024, 21:31 WIB
Gambar Ilustrasi Baby blues, atau perasaan sedih yang sering dialami ibu pasca melahirkan
Gambar Ilustrasi Baby blues, atau perasaan sedih yang sering dialami ibu pasca melahirkan /

GARUT60DETIK - Baby blues, atau perasaan sedih yang sering dialami ibu pasca melahirkan, merupakan fenomena umum yang dialami oleh banyak ibu baru. Meski kelahiran bayi merupakan momen yang penuh kebahagiaan, perubahan hormon dan tekanan emosional dapat menyebabkan perasaan sedih, cemas, dan mudah marah pada ibu baru.

Penyebab Baby Blues

Setelah melahirkan, tubuh ibu mengalami perubahan hormon yang signifikan. Penurunan drastis hormon estrogen dan progesteron dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan perasaan sedih atau cemas. Selain itu, kelelahan fisik akibat proses persalinan dan kurangnya tidur karena merawat bayi baru lahir juga berkontribusi pada kondisi ini.

Baca Juga: Mengapa PP Muhammadiyah Menarik Dana dari BSI? Ini Penjelasannya

Perubahan peran dan identitas dari seorang wanita menjadi seorang ibu juga merupakan faktor signifikan. Tekanan sosial untuk menjadi ibu yang sempurna dan memenuhi ekspektasi masyarakat dapat menambah beban emosional bagi ibu baru.

Gejala Baby Blues

Gejala baby blues biasanya muncul beberapa hari setelah melahirkan dan bisa berlangsung hingga dua minggu. Gejala yang umum dialami antara lain:

  • Perasaan sedih tanpa alasan yang jelas
  • Mudah menangis
  • Kecemasan
  • Perubahan mood yang cepat
  • Kesulitan tidur meski merasa lelah
  • Kesulitan konsentrasi

Baca Juga: BSI Tanggapi Pemindahan Dana PP Muhammadiyah dengan Inovasi dan Digitalisasi

Cara Mengatasi Baby Blues

Untuk mengatasi baby blues, beberapa langkah dapat dilakukan. Istirahat yang cukup sangat penting. Ibu disarankan untuk tidur saat bayi tidur dan meminta bantuan dari pasangan atau keluarga untuk merawat bayi agar bisa beristirahat.

Makan makanan sehat dan seimbang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Ibu harus memastikan asupan nutrisi yang cukup dan hidrasi yang baik.

Baca Juga: DPRD Garut Didesak Bentuk Panja untuk Usut Penyimpangan Anggaran 2023 oleh Ketua DPD Laskar Indonesia

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah