Waspada Terhadap Pesan Palsu: Mengamankan Transaksi Anda dari Penipuan DANA via WhatsApp

- 10 Juni 2024, 21:20 WIB
Waspada Terhadap Pesan Palsu dari Penipuan DANA via WhatsApp
Waspada Terhadap Pesan Palsu dari Penipuan DANA via WhatsApp /

GARUT60DETIK - Akhir-akhir ini, ada banyak modus penipuan yang mengincar pengguna DANA. Agar transaksi Anda tetap aman dan nyaman, mari kita kenali berbagai jenis penipuan yang sering terjadi dan bagaimana cara menghindarinya.

1. Penipuan Mengatasnamakan DANA di Media Sosial

Para penipu sering muncul di media sosial dengan menawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah transaksi DANA Anda. Mereka bisa saja menghubungi Anda melalui pesan pribadi dan mengaku sebagai tim DANA. Ingatlah, untuk segala permasalahan transaksi, laporkan hanya melalui layanan Customer Care resmi DANA di aplikasi. Nomor resmi Customer Care DANA adalah 1500445. Jika Anda dihubungi oleh nomor lain yang mengaku dari DANA, itu pasti penipuan.

Baca Juga: DANA Kaget Tawarkan Rp100 Ribu Gratis, Cek Cara Mendapatkannya

2. Akun Media Sosial Palsu DANA

Waspadai akun-akun media sosial yang mengaku sebagai DANA Indonesia. Pastikan untuk memverifikasi akun-akun ini melalui situs resmi atau aplikasi DANA. Kontak resmi DANA Indonesia bisa ditemukan di dalam aplikasi. WhatsApp DANA Indonesia hanya digunakan untuk mengirim pesan, tidak menerima keluhan atau pesan dari pengguna.

3. DANA Kaget Palsu

Menerima DANA Kaget dari teman atau keluarga tentu menyenangkan, namun hati-hati dengan link palsu yang mengatasnamakan DANA Kaget. Selalu pastikan link yang Anda terima benar-benar dari aplikasi DANA. Jangan pernah memberikan kode OTP atau informasi pribadi lainnya kepada siapa pun yang meminta setelah Anda mengklik link tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Klaim Saldo Dana Kaget: Jangan Lewatkan Kesempatan Emas Ini!

4. Kartu Fisik DANA Palsu

Ada berita palsu yang beredar bahwa DANA mengeluarkan kartu ATM fisik. Ini adalah informasi yang tidak benar. DANA adalah aplikasi dompet digital yang bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia untuk memudahkan transaksi Anda tanpa perlu kartu fisik.

5. Link Palsu untuk Memulihkan Akun

Jika Anda menerima pesan yang menyatakan bahwa akun DANA Anda dibekukan dan memberikan link untuk memulihkannya, jangan langsung percaya. Modus ini seringkali mengarahkan Anda ke situs palsu yang bisa mencuri informasi pribadi Anda. Untuk memeriksa status akun Anda, gunakan fitur DIANA di aplikasi DANA atau hubungi langsung Customer Care melalui email resmi di [email protected].

Baca Juga: Rudy Gunawan Sentil PKS! Diah Kurniasari Ogah Jadi Wakil Helmi Budiman

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah