Simak Perbedaan Aturan Seragam PPPK dan ASN!

- 28 Mei 2024, 00:24 WIB
Seragam/Asham
Seragam/Asham /Lusiana Linda/

GARUT60DETIK - Berikut Aturan Seragam PNS dan PPPK Terbaru (Permendagri No 11 tahun 2020) mengatur penggunaan pakaian dinas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah. Berikut adalah beberapa poin penting terkait seragam PNS dan PPPK :

  1. Pakaian Dinas Harian (PDH)
    PPPK: Pada hari Senin hingga Rabu, seragam PDH PPPK adalah kemeja putih dengan celana atau rok hitam.
    PNS: Seragam PDH PNS mungkin berbeda, tergantung pada instansi dan peraturan daerah.
  2. Atribut Seragam
    PPPK: Menggunakan atribut seperti papan nama dan tanda pengenal.
    PNS: Atribut seragam PNS melibatkan tanda jabatan, lencana Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia, nama satuan kerja atau perangkat daerah, nama Kementerian Dalam Negeri, serta lambang pemerintah daerah provinsi dan kabupaten atau kota.
  3. Pada hari Kamis dan Jumat, PPPK mengenakan batik, tenun, lurik, atau pakaian khas daerah. serta pada hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. PNS : PDH batik/tenun/lurik atau pakaian khas daerah.
    Baca Juga: Helmi Bak Gadis Cantik Jadi Rebutan! Akankah 'Hidayah' Terwujud di Pilkada Garut 2024?
  4. Seragam batik KORPRI wajib digunakan oleh PPPK dan PNS. Digunakan pada saat upacara hari ulang tahun Korps Pegawai Republik Indonesia, tanggal 17 setiap bulan, upacara hari besar nasional, serta rapat-rapat dan pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh Korps Pegawai Republik Indonesia.
    Selain itu, ada juga peraturan yang mengatur pakaian seragam kerja bagi PNS di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Seragam ini berlaku di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda). Perlu dicatat bahwa aturan seragam PPPK sama dengan ASN.

Jadi, meskipun keduanya berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), seragam PNS dan PPPK memiliki perbedaan dalam hal atribut dan pakaian dinas harian.

Demikian aturan seragam PNS dan PPPK, ada beberapa kesamaan, dan perbedaan.**

Editor: Lusiana Linda


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah