Formasi CPNS dan PPPK 2024: Panduan Lengkap untuk Calon Aparatur Sipil Negara

- 11 Juni 2024, 11:30 WIB
Formasi CPNS dan PPPK 2024
Formasi CPNS dan PPPK 2024 /

GARUT60DETIK - Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka. Rencananya, seleksi ini akan dimulai pada Juni atau Juli 2024. Dengan total 1.289.824 formasi yang telah disetujui, peluang ini menjadi kesempatan emas bagi Anda yang ingin berkarir di pemerintahan.

Formasi CPNS dan PPPK 2024

Formasi Instansi Pusat dan Daerah

Sebanyak 1.289.824 formasi CPNS telah disetujui untuk 2024, dengan pembagian sebagai berikut:

  • Instansi Pusat: 427.650 formasi
  • Instansi Daerah: 862.174 formasi

Ini termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) dan pemerintah daerah. Kesempatan ini terbuka bagi semua kalangan yang memenuhi persyaratan, dan merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat sumber daya manusia di berbagai sektor.

Baca Juga: Energi Tersembunyi dalam Batu Akik: Mitos, Fakta, dan Manfaat

Jadwal Pelaksanaan Seleksi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS 2024 rencananya akan dimulai pada Juni atau Juli. Setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN, lembaga pemerintah akan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengumumkan lowongan formasi dan mempersiapkan seleksi.

Pada awal Juli, diharapkan ada pengumuman tentang waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Namun, jadwal pengumuman, pendaftaran, dan seleksi masih dapat berubah mengikuti perkembangan yang ada. Pemerintah berupaya mempercepat proses verifikasi dan validasi detail formasi untuk memastikan seleksi berjalan lancar.

Baca Juga: Ketua Laskar Indonesia: WTP Garut 2023 Terkesan Hebat, Tapi Ada Banyak Catatan Merah

Persiapan dan Verifikasi Formasi

Pemerintah berupaya mempercepat proses verifikasi dan validasi detail formasi. Hingga 2 Mei 2024, pukul 20.10 WIB, sebanyak 602 lembaga pemerintah telah melakukan perincian ke dalam sistem layanan SIASN yang dimiliki oleh BKN. Total 1.289.824 persetujuan prinsip formasi diberikan untuk memenuhi kebutuhan ASN sebesar 2,3 juta secara bertahap.

Sebanyak 2.906 usulan, termasuk yang telah diverifikasi dan validasi oleh BKN, memenuhi syarat untuk penempatan di IKN. Namun, 19.817 formasi talenta digital pemerintah daerah telah dipenuhi, dengan 794 SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), terdiri dari 491 auditor dan 301 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD).

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah