Kabar Gembira! Guru Non ASN Bakal Dapat Rp1,5 Juta Per Bulan, Simak Kriterianya

- 11 Juni 2024, 10:30 WIB
 Guru Non ASN Bakal Dapat Rp1,5 Juta Per Bulan
Guru Non ASN Bakal Dapat Rp1,5 Juta Per Bulan /

GARUT60DETIK - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, kembali membuat terobosan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia. Kini, kabar baik datang khususnya untuk para guru non ASN (Aparatur Sipil Negara) yang memenuhi kriteria tertentu. Setiap bulannya, mereka akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meringankan beban ekonomi guru, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh penjuru negeri.

Kriteria Penerima Bantuan

Siapa Saja yang Berhak Menerima Bantuan?

Tidak semua guru non ASN akan otomatis menerima bantuan ini. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan dana bantuan. Berikut adalah kriteria utama yang harus dipenuhi:

Baca Juga: Ketua Laskar Indonesia: WTP Garut 2023 Terkesan Hebat, Tapi Ada Banyak Catatan Merah

1. Guru Honorer yang Aktif Mengajar

Guru yang berhak menerima bantuan ini adalah mereka yang berstatus sebagai guru honorer dan masih aktif mengajar, baik di sekolah negeri maupun swasta. Status keaktifan ini sangat penting karena program ini memang ditujukan untuk mendukung kesejahteraan mereka yang benar-benar terlibat dalam dunia pendidikan.

2. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Guru harus terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dapodik adalah sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memastikan bahwa data pendidikan di Indonesia selalu up-to-date dan akurat. Pastikan data Anda sudah terverifikasi dan tidak ada kesalahan.

Baca Juga: Phishing Menguras Saldo Dana Kaget: Bagaimana Melindungi Diri?

3. Belum Menerima Bantuan Lain

Untuk menghindari tumpang tindih bantuan, guru yang menerima bantuan ini tidak boleh sedang mendapatkan bantuan serupa dari pemerintah atau instansi lainnya. Hal ini dilakukan agar bantuan dapat tepat sasaran dan merata.

Proses Pendaftaran

Langkah-Langkah Mendaftar

Untuk mendapatkan bantuan ini, guru non ASN harus mengikuti proses pendaftaran yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut adalah langkah-langkah pendaftarannya:

Baca Juga: Simak ! Ciri - Ciri Dan Penyebab Penyakit Stiff Person Syndrome Yang Perlu Anda Ketahui.

Halaman:

Editor: Deni Gartiwa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah